Saturday, January 6, 2018

Lo mau sidang skripsi? Ini tips ampuh buat lo supaya gak keringet dingin masuk ruangan!

It has been so long ya almost 4 years gue gak nyentuh blog sama sekali. saking really really im busy with my research report alias laporan praktikum yang tiada hentinye. 5 hari kuliah, 3-4 harinya praktikum, entah gue yang praktikum, entah gue yg jadi asistennya. untuk setahun terakhir ini gue juga bener-bener sibuk sama skripsi biar cepet kelar demi ga bayar UKT lagi buat semester depannya. hahaha yeah i was really enjoying that. at least gue bisa lah ngasih cerita ke anak-anak gue gimana rasanya kuliah, gimana kuliah itu bisa ngajarin banyak pelajaran buat kita. belajar sabar, open minded, public speaking, percaya diri, bergaul, etc yang pastinya lo juga pasti ngerasain dan ya nggak cuma dapet di kuliah aja sih. dari SD pun udah dapet. tapi gatau kenapa gue baru sadarnya setelah kuliah. entah ini salah di guenya apa gimana..

Sebenernya pas SMA gue juga dapet sih tapi karna murid-muridnya dikit jadi gue mah ya pede pede aja anaknya, sabarnya itu sih yang agak kurang. nah setelah kuliah itu gue tuh sadar ternyata gue kurang banget di public speaking dan gue gak pede sama sekali. gue cuma berani kicau di sosmed. gue gak pernah berani ngebayangin gue ngomong di depan kelas yang orangnya buanyak banget dan nyampein materi yang segaban. yah lo tau biologi, apasih pelajarannya kalo nggak ngapalin. pernah gue pas pertama kalii presentasi di depan kelas yang isinya ada kali 100an orang, tangan gue tremor abis megang mik--mic?-- suara gue pun bergetar, gue sama sekali gainget mau ngomongin apa, padahal udah ngapalin sebelumnya. disitu untung gue bawa kertas materi. trs gue nyampein sambil ngintip sedikit2 kertas yang gue pegang itu. padahal aslinya mah itu gue baca semua. embuh wes. who cares? nobody remember i guess haha.

akhirnya setelah semester 7 (semester terakhir gue ambil kuliah), gue mulai bisa mengendalikan kegerogian gue selama presentasi. walaupun masih sedikit gemeter. tapi yaa lebih pede lah alhamdulillah. nah pas maau sidang skripsi tuh mulai lagi degdegan abis. jadi untuk para pembaca yang belum kuliah yang mungkin belum tau, setelah kita menyelesaikan penelitian untuk skripsi, ada ujian yang harus ditempuh yaitu sidang skripsi alias presentasi di depan dosen pembimbing dan dosen penguji kita. bahkan beberapa ada yang ujiannya terbuka. jadi civitas umum boleh masuk dan ngeliatin lo presentasi kayak di kelas tapi ada 3 dosen yang akan menghantam lo abis abisan wkwk. kalo di biologi sih cuma di depan 3 dosen dan modelan ujiannya tertutup. tapi tetep aja degdegan khan maen. masalahnya skripsi ini udah seluruh hidup gue serahkan *lebay* kalo sampe dapt dibawah A kan ya gimana ya. trs pokoknya udh mikir aneh-aneh deh di dalem bakal diapain gue ini.

ini tips gue buat mengatasinya:
1. pastikan dosen-dosen yang lo pilih utk jadi penguji dan pembimbing itu gelarnya ga tinggi2 amat misalnya profesor (kecuali kalo lo tau si prof ini baikhati dan rajin menabung)
2. pastikan ketiga dosen itu gelarnya setara. soalnya utk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kalo misal ada yang Dr. ada yang prof. (kecuali tadi, kalo lo tau si prof ini baik hati)
3. krn gue islam, gue menyarankan elo banyak2 doa baca yasin untuk para dosen supaya dilunakan hatinya
4. tanya pengalaman kaka kelas atau tmn2 lo yang udah pernah sidang
5. PANTANG SIDANG SEBELUM MAKAN!!! brains can't work if your stomach is starving right?
6. kuasai ppt dan skripsi lo. jangan sampe skripsi minta jasa orang
7. pasrah. (yaelah cha inimah semua org juga mesti gitu!) but absolutely not. org yang pasrah adalah orang yang gaakan degdegan nntinya jadi bisa menjawab atau berkata lebih lancar dibanding orang yang degdegan. itu menurut gue. dont judge me
ada lagi yg mau nambahin?

wah jadi banyak yak omongannya padahal niatnya mau greeting aja krn udah lama ga ngeblog wkwk.

ohya aniwei, happy new year ya semuanya. semoga th 2018 ini menjadi tahun dimana apa yang kita semua impikan dapat tercapai. yang mau lulus SMA, diterima di PT favoritnya. yang lagi skripsi, cepet lulus. yang udah lulus, dapat berkontribusi banyak utk negeri tercinta, dapat kerjaan terbaik. yang jomblo, cepat menemukan 'dia'nya. aamiin


0 komentar: